5 penguat sistem imunitas tubuh anda


  1. Olahraga teratur. Jika anda ingin menguatkan sistem imunitas,beraktivitaslah. Meningkatkan detak jantung anda sekitar 20 menit saja sebanyak 3 kali seminggu terkait dengan meningkatnya fungsi imunitas tubuh,sementara itu jalan cepat yang rutin dilakukan lima kali seminggu dapat mengurangi resiko terserang pilek. Olahraga teratur meningkatkan kadar lekosit,sel sistem imunitas yang berfungsi memerangi infeksi. Olahraga juga terkait dengan meningkatnya pelepasan endorfin, hormon alami yang mendongkrak perasaan sehat, dan meningkatkan kualitas tidur- keduanya memiliki pengaruh yang baik bagi sistem imunitas anda.
  2. Perbanyak antioksidan. Pola makan yang kaya vitamin dan nutrisi yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh,yang membantu memerangi infeksi. Tubuh anda memproduksi radikal bebas - molekul yang dapat merusak sel. Antioksidan membantu menetralisir radikal bebas,sehingga tidak bisa membuat kerusakan. Para periset percaya,jika keseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan terganggu,hal itu bisa berpengaruh terhadap berkembangnya kanker dan penyakit jantung,begitu juga dengan penyakit tua. Untuk mendapatkan asupan antioksidan yang cukup,perbanyaklah buah dan sayuran warna-warni dalam jumlah melimpah,termasuk buah dari keluarga berry,jeruk,kiwi,apel,anggur merah,sayuran hijau - seperti bayam dan kangkung,bawang,ubi dan wortel.Bahan makanan penggedor sistem imunitas lainnya adalah bawang putih segar,sup ayam,dan aneka jenis jamur mulai reichi,shitake dan maitake.
  3. Tidur cukup,kelelahan dapat meningkaykan resiko terserang aneka penyakit-anda mungkin telah menyadari bahwa anda lebih mudah terserang pilak atau serangan infeksi lainnya jika tidak cukup tidur. Walaupun para pakar masih belum terlalu yakin mengapa tidur dapat meningkatkan sistem imunitas,yang pasti tidur dalam durasi yang cukup - sekitar 7-9 jam per malam untuk kaum dewasa - sangat penting bagi kesehatan tubuh.
  4. Mempelajari teknik relaksasi. Beberapa teknik untuk mengurangi stress dapat membantu mengembalikan kesehatan sistem imunitas dan dapat membuatnya lebih kuat lagi. Sejumlah penelitian menyimpulkan mereka yang rajin bermeditasi dapat meningkatkan reaksi sistem imunitas tubuhnya. Pada salah satu ekperimen,misalnya,kelompok yang bermeditasi selama periode 8 minggu,akan menghasilkan antibodi dalam jumlah yang lebih banyak untuk melawan vaksin flu,dibandingkan kelompok yang tidak bermeditasi.
  5. Tertawa. Komedi berpengaruh baik bagi anda. Tertawa mengikis jumlah hormon stress sekaligus memperbanyak jumlah sel darah putih yang berfungsi memerangi infeksi.Bahkan,dengan mengantisipasi hal-hal lucu dapat memiliki pengaruh positif bagi sistem imunitas anda. Pada satu studi,sekelompok lelaki yang diberitahukan tiga hari sebelumnya bahwa mereka akan menonton tayangan video yang lucu terlihat memiliki hormon stres yang lebih sedikit sementara hormon endorfin dan hormon pertumbuhan meningkat. Baik hormon endorfin maupun hormon pertumbuhan memiliki pengaruh yang baik bagi sistem imunitas tubuh.

0 Response to 5 penguat sistem imunitas tubuh anda

Posting Komentar