Jenis baru dalam kanker payu dara


Meskipun Kanker Payudara identik dengan perempuan namun tidak berarti kaum pria terbebas dari kemungkinan penyakit ini. Hanya saja persoalan yang mendasar adalah :

1. Persentase/ probabilitas pria yang mengidap penyakit ini relatif sedikit dibandingkan wanita.

2. Pria tidak terlalu mempersoalkan jika ada gangguan pada payudaranya, kalaupun sampai harus operasi. Paling bicara soal biaya operasi saja.

Sementara bagi wanita bukan semata - mata persoalan biaya, tapi juga aspek psikologis menyangkut kebanggaan, rasa percaya diri dan keinginan untuk membahagiakan suaminya.

Kanker adalah jenis tumor ganas. Dalam perkembangannya berbagai penyakit itu mengalami sejenis mutasi sehingga "jenis - jenis penyakit baru".

Kita bisa lihat dan dengar, saat ini banyak jenis penyakit baru yang bermunculan padahal penyakit itu belum dikenal 10 atau 20 tahun yang lalu.

Salah satu jenis baru dalam kanker payudara ada yang disebut Paget. Paget adalah suatu bentuk yang jarang dari kanker payudara, dan di luar dari payudara, pada puting susu dan aureole.

Paget adalah suatu bentuk yang jarang dari kanker payudara, dan sekitar puting. Mulai muncul sebagai bintik merah, yang kemudian menjadi luka dengan kerak di tepi luarnya
Gejala yang terasa adalah gatal dan sedikit nyeri, tapi tak dapat dihilangkan oleh semua krim (salep) yang dianjurkan oleh dokter yang menanganinya.

Ketika difoto x-ray mammogram-nya .menujukan suatu gumpalan, Oleh biopsi didapati suatu penumbuhan yang bersifat ganas.

Chemotheraphy (terapi kimia)dimulai untuk menciutkan perkembangan gumpalan itu lalu dilakukan pembedahan sepenuhnya dan terakhir diradiasi.

Perlu diketahui adalah kanker jenis ini dapat menjalar kedaerah hati (lever). Kasus ini seolah menyisakan suatu pesan, khususnya bagi seluruh kaum wanita.

Tidak hanya bagi yang sudah berusia 40 tahun ke atas saja, tapi fakta terbaru ada seorang wanita yang sudah mengidap penyakit kanker payudara padahal usianya baru 19 tahun.

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa suatu luka atau bintik pada puting susu atau aureole mungkin kanker payudara.

Biasanya dimulai sebagai sebuah jerawat merah pada aureole. Ini sering disangka suatu radang atau infeksi.

Gejala Penyakit paget, adalah :

1. Adanya kemerahan, pengeluaran cairan, dan pengerasan kulit dari puting susu yang terus menerus yang membuatnya terasa gatal dan terbakar.

2. Nyeri pada puting. Kadang di sekitar aureole dengan suatu daerah yang terlihat putih dan tebal di tengah-tengah puting susu.

3. Biasanya berpengaruh hanya pada satu puting. Secara umum kalau anda datang ke dokter, Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik.

0 Response to Jenis baru dalam kanker payu dara

Posting Komentar